Unila dan Delegasi Lainnya Hadiri Kongres Semikonduktor Bavaria 2024 di Jerman

Bandar Lampung,PB- Rektor Universitas Lampung ( Unila ) Prof.Dr.Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM., ASEAN Eng., bersama Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., MT, berpartisipasi dalam program Semiconductor Education Roadshow 2024 Indonesia – Germany, Senin, 3 Juni 2024, di Munich, Jerman.

Program ini diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin bersama 18 delegasi dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga di Indonesia.

Unila dengan 17 delegasi lainnya mengikuti dua agenda dalam program tersebut. Kegiatan pertama yaitu Bavarian Semiconductor Congress (BSC) 2024 dan pertemuan dengan Bavarian Chips Design Center (BCDC), serta kunjungan ke Infineon Regensburg .

BSC 2024 merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Urusan Ekonomi dan Pembangunan Regional Bavaria, bekerja sama dengan Bavarian Chips Alliance.

Pertemuan ini dihadiri Prof. Lusmeilia dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin Dr. rer. nat. Roniyus Marjunus, S.Si., M.Si., yang merupakan Dosen FMIPA Unila.

Pada agenda kedua, kunjungan ke laboratorium inovasi dan pabrik teknologi tinggi, Infineon Regensburg juga menyampaikan delegasi lainnya. Suripto yang mewakili Unila mengunjungi fasilitas produksi Infineon di Regensburg , Jerman.

Suripto mengatakan, Unila bersama dengan beberapa universitas lain seperti ITB, UGM, USU, UB, ITK, ITS, UI, Unhas, dan Itera sedang dipersiapakan untuk membangun konsorsium semikonduktor Indonesia.

Hal ini menjadi respon atas permintaan pemerintah agar LPDP memprioritaskan beasiswa untuk mahasiswa yang ingin mendalami keilmuan di bidang teknologi industri.

Pemerintah meyakini kebijakan ini akan menjadi kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia dan jalan menuju cita-cita Indonesia emas jangka pendek.

“LPDP akan menyiapkan dana untuk pengembangan sumber daya bagi yang melanjutkan S-1, S-2, S-3, dan postdoc, serta pendanaan penelitian,”ungkapanya.(red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]

ARTIKEL TERBARU