3.600 Calon Mahasiswa Mengikuti Seleksi UTBK Mandiri 2024

Bandar Lampung – Universitas Lampung ( Unila  ) memulai menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) seleksi mandiri hari pertama, Senin, 8 Juli 2024, di UPT TIK kampus setempat.

UTBK Mandiri merupakan salah satu program Seleksi Mandiri Unila (Simanila) tahun 2024 yang diseleksi berdasarkan nilai hasil UTBK yang diselenggarakan secara mandiri oleh Unila.

UTBK Mandiri Unila berlangsung selama tiga hari, mulai Senin, 8 Juli 2024 hingga Rabu, 10 Juli 2024. Ujian dibagi atas dua sesi, yakni pukul 07.45-10.35 WIB, dan sesi dua pukul 13.00-15.50 WIB.

Humas PMB Unila Muhamad Komarudin, ST, MT, menyampaikan, terdapat 3.600 peserta seleksi independen di semua jalur. Peserta UTBK Mandiri didukung dengan fasilitas berupa perangkat komputer yang terkoneksi jaringan serta sistem keamanan yang baik sehingga tidak dapat diintervensi pihak luar.

“Peserta juga diperiksa menggunakan metal detector sehingga menghasilkan sistem seleksi yang adil bagi semua peserta, serta sistem seleksi yang transparan,” papar Komarudin.

Jumlah peserta UTBK Mandiri mengalami peningkatan dari tahun 2023. Hal ini menandakan semakin meningkatnya kepercayaan dan integritas Unila. Selain itu, ada sistem penilaian yang sama seperti ujian nasional, sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan.

Unila juga melibatkan pihak luar yang ahli di bidangnya untuk menguji soal ujian independen, sehingga dapat memenuhi standar dan kualitas soal ujian yang baik. Untuk menghadapi kecurangan, Unila menyiapkan tindakan tegas sesuai derajat kecurangan yang terjadi.

UTBK Mandiri Unila sesuai dengan prinsip PROAKTIF (Profesional, Akuntabel, Transparan, dan Informatif) diharapkan dapat diimplementasikan di lapangan, sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat dan menghasilkan mahasiswa baru yang berkualitas.(red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]

ARTIKEL TERBARU