Tim Mahasiswa Unila Raih Juara 2 di Temilreg Sumbagsel 2024 dengan Inovasi Detergen Ramah Lingkungan

Bandar Lampung- Tim mahasiswa Universitas Lampung ( Unila ) berhasil meraih juara 2 dalam kompetisi Business Plan di Temu Ilmiah Regional (Temilreg), Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel), 2024, yang diadakan di Unila sebagai tuan rumah.

Melalui tema “ Mempercepat Ekosistem Digital, Ekonomi Kreatif dan Peluang Rantai Nilai Halal di Dunia ”, tim yang beranggotakan Adha Al-Fatah (Manajemen), Rasti Wijayanti (Akuntansi), dan Najwa Azzahro (Biologi) memaparkan inovasi mereka dengan membuat Basoft, yaitu deterjen cair alami, serta ramah lingkungan berbahan dasar daun senduduk dan kulit pisang.

Adha menjelaskan, ide utama dari rencana bisnis ini berasal dari pengalaman pribadinya sebagai ketua tim. “Ide ini bermula ketika saya mengalami iritasi dan kulit kering setiap kali mencuci pakaian dengan deterjen biasa. Selain itu, saya juga menyadari dampak negatif limbah cair deterjen terhadap pencemaran udara,” ujar Adha, Senin, 8 Juli 2024.

Adha juga menjelaskan keunggulan rencana bisnis mereka. “ Rencana bisnis kami menonjol karena merupakan inovasi terbaru yang mendukung ekonomi berkelanjutan dan SDGs nomor 12, yaitu memanfaatkan limbah untuk mengembangkan potensi dan perekonomian daerah Lampung.”

Dalam mencari solusi, Adha berinisiatif menciptakan deterjen yang aman bagi kulit manusia dan ramah lingkungan, menggunakan bahan-bahan alami seperti daun senduduk dan kulit pisang.

“Dengan mengolah limbah-limbah tersebut, kami berhasil menciptakan produk deterjen yang tidak hanya bermanfaat dalam mencuci pakaian tanpa merusak kulit, tetapi juga memberikan solusi terhadap permasalahan pencemaran lingkungan. Produk ini diharapkan dapat menjadi inovasi yang signifikan dan berkelanjutan bagi masyarakat,” tambahnya.

Rasti Wijayanti selaku anggota tim menjelaskan proses persiapan mereka. Dimulai dengan membangun chemistry antaranggota tim dan bertukar pikiran mengenai bahan-bahan yang akan digunakan.

“Manajemen waktu yang baik sangat diperlukan untuk menyusun strategi dalam pembuatan proposal. Kami juga mencari ide untuk kemasan dengan desain yang menarik. Persiapannya terbilang singkat karena kami harus membagi waktu di tengah-tengah ujian akhir,” jelas Rasti Wijayanti.

Rasti juga menyebutkan tantangan terbesar dalam proses pengekstrakan bahan-bahan alami. “Proses pengekstrakan memerlukan waktu yang cukup lama karena kami harus melakukan trial and error untuk menemukan formula yang tepat dan aman untuk

digunakan oleh masyarakat luas.”

Najwa Azzahro, anggota tim lainnya, mengungkapkan perasaannya saat diumumkan sebagai juara 2. “Kami sangat bersyukur dan terkejut saat diumumkan sebagai juara 2. Ini adalah pencapaian yang memuaskan dan kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami hingga saat ini.”

Najwa menambahkan, tim mereka harus membagi waktu dengan mencuri-curi waktu di sela-sela hari libur untuk mengerjakan proposal, dan terus berkomunikasi secara efektif meski sedang di masa ujian akhir.

“Bagi mahasiswa yang tertarik mengikuti kompetisi serupa, yang terpenting adalah berani mencoba dan mengambil risiko. Kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran, dan akan selalu ada kesempatan untuk belajar dari kesalahan tersebut di masa depan,” ujar Rasti.

Dengan semangat inovasi dan dedikasi yang tinggi, tim Unila berharap inovasi mereka dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan. Prestasi ini juga diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk terus berkreasi demi keberlanjutan lingkungan.(red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]

ARTIKEL TERBARU