PIK Raya Ikuti Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas Provinsi Lampung 2024

Bandar Lampung- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Raya Universitas Lampung ( Unila ) mengikuti Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) dan Jambore Ajang Kreativitas Provinsi Lampung, di Hotel Swiss Bell, Sabtu, 20 Juli 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan program GenRe melalui peran Duta GenRe dengan Remaja Sebaya, memberikan apresiasi kepada Duta GenRe yang telah menjalankan kakek dengan baik dan komitmen tinggi untuk memajukan PIK Remaja, program pembinaan ketahanan remaja, serta mengukuhkan Duta GenRe terpilih Provinsi Lampung 2024.

Acara yang diinisiasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Lampung dan Forum GenRe Indonesia Provinsi Lampung dilatarbelakangi perkiraan analisis profil penduduk Indonesia yang dirilis Badan Pusat Statistik sejak 2012 hingga 2035 menunjukkan peningkatan dua kali lipat penduduk usia produktif dibandingkan usia anak dan lanjut usia.

Jumlah penduduk usia produktif yang besar menyediakan sumber tenaga kerja, pelaku usaha, dan potensi konsumen yang sangat berperan dalam mempercepat pembangunan. Oleh karena itu perlu persiapan yang baik agar bonus demografi dapat dimanfaatkan dan berdampak luas secara jangka panjang bagi pertumbuhan ekonomi.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi kunci keberhasilan agar penduduk produktif mempunyai kompetensi, keahlian, dan  soft skill  yang harus ditingkatkan agar tenaga kerja memiliki sikap positif, optimistis, kreatif, dan bersedia maju. Sebagai upaya untuk mengubah cita-cita tersebut, BKKBN mengembangkan Program GenRe.

Program GenRe merupakan wadah bagi remaja usia 10-24 tahun yang belum menikah, untuk mengembangkan karakter dan ketahanan remaja menjauhi pernikahan dini, seks pranikah dan Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif). Remaja diharapkan menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan, serta berguna bagi nusantara dan bangsa.

Peningkatan program promosi dan pemahaman GenRe, khususnya melalui pengembangan PIK Remaja sebagai sebuah wadah pelayanan informasi dan konseling memerlukan contoh teladan dari kalangan remaja. Sosok inilah yang akan menjadi Duta GenRe.

Selain melalui Duta GenRe, salah satu media pengembangan kapasitas bagi para remaja Indonesia yang tergabung dalam PIK Remaja dan Bina Ketahanan Remaja, diselenggarakan juga penghargaan GenRe yang bertujuan untuk memberikan dukungan, serta memupuk kebersamaan, semangat para remaja, dan wadah pertukaran informasi, serta pengalaman tentang program implementasi GenRe.

Para kontinen mengikuti proses seleksi tertulis  online  mulai 28 Mei hingga 4 Juni 2024, dan penyaringan 60 besar untuk tes wawancara  online  dimulai pada 15 Juni, kemudian penyaringan 40 besar melalui wawancara  offline , serta kegiatan karantina  offline  bagi finalis pada 18-19 Juli 2024.

Kontinen PIK Raya Unila mengatakan, mengikuti ajang pemilihan Duta GenRe merupakan pengalaman luar biasa dan berharga. Proses karantina selama dua hari, serta rangkaian seleksi tertulis, wawancara, dan kegiatan lainnya, memberi banyak pelajaran, serta wawasan baru.

Ajang ini tidak hanya menantang kemampuan intelektual, namun mengasah keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kepercayaan diri. Ajang ini diharapkan dapat mencetak generasi muda yang siap memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

“Kami merasa sangat terinspirasi oleh semangat dan dedikasi para finalis lainnya, serta bimbingan dari para juri dan panitia, sehingga merasa semakin termotivasi untuk terus berkontribusi dalam menyebarkan virus-virus GenRe kepada masyarakat. Terima kasih atas kesempatan berharga ini,” pungkas Kontinen PIK Raya Unila.

BKKBN melalui Forum GenRe Provinsi Lampung menyelenggarakan acara GenRe Awards Provinsi Lampung 2024 berharap dapat mengapresiasi figur remaja yang menjadi  role model dalam upaya meningkatkan pemahaman para remaja mengenai program generasi berencana untuk menyambut Indonesia emas 2045.(red)

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]

ARTIKEL TERBARU