Tiga Mahasiswa FKIP Raih Medali Emas dan Perak Kategori Secondary School di IICE UTM Malaysia

Bandar Lampung- Kompetisi bukan sekedar mengejar piala demi merebut kemenangan. Bagi sebagian orang, kompetisi justru bisa menjadi ajang untuk saling belajar banyak hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Bahkan, melalui kompetisi kita bisa mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang inspiratif dan para inovator luar biasa dari negara lain, mengenai inovasi pembelajaran yang bisa diterapkan.

Hal tersebut juga dirasakan tiga mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung ( Unila ), yakni Jihan Umi Tama Farasiska (Pendidikan Matematika 2021), Yardan Permata Nurhadian (Pendidikan Biologi 2021), dan Ulfa Novitasari (Pendidikan Sejarah 2021).

Tiga mahasiswa tersebut berhasil meraih medali emas dan perak pada ajang International Innovation Competition in Education (IICE) yang diselenggarakan secara offline (diikuti Jihan dan Yardan) di gedung C14 FSSH UTM dan online (diikuti Ulfa), melalui platform Webex pada Rabu, 17 Juli 2024 .

Kompetisi ini dihadiri Persatuan Pendidikan Sains dan Matematik Johor (PPSMJ) bekerja sama dengan FSSH ( Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora ) Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dengan tema “ STEAM Education for an Innovative Society ”.

Seperti proyek inovasi pendidikan yang telah mereka buat yakni Connecting Mathematics and Technology Through Scratch Projects: A Steam-Integrated Mathematics Learning Innovation for Junior High School Students (Oleh Jihan), Cell-Meme-Dia: Cell-Meme Media (Oleh Yardan), dan Hisgo ( Sejarah Pemerintahan ) : Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Virtual Reality Dalam Pembelajaran STEM Untuk Peningkatan Sekolah Menengah Atas (Oleh Ulfa).

Jihan Umi Tama Farasiska, sebagai salah satu peraih medali emas pada ajang perlombaan tersebut juga ikut memaparkan seperti alur pendaftaran, seleksi tingkat kampus hingga berhasil mewakili fakultas untuk presentasi poster inovasi secara memikat. Berawal dari rekomendasi dosen dan ketua program studi, Jihan bersama dengan Yardan dan Ulfa memutuskan untuk mencoba mengikuti kompetisi tersebut.

Jihan juga menjelaskan, latar belakang jurusan juga menjadi motivasi bagi dirinya untuk berpartisipasi pada kompetisi tersebut, sekaligus sebagai ajang untuk menunjukkan kemampuan diri dalam bidang Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic ( STEAM ).

“Ketika saya bersama teman-teman yang lain diberi kesempatan untuk mengikuti kompetisi tersebut, pastinya saya tidak mau melewatkan peluang tersebut. Selain itu, saya tertarik dengan bidang kompetisi ini yang sejalan dengan minat saya, terutama peran saya sebagai calon pendidik,” ujar Jihan, Senin, 22 Juli 2024.

Melalui proses seleksi poster yang ketat, mereka berhasil lolos ke tahap selanjutnya melalui pesan dari email. Bahkan, Jihan dan Yardan tidak menyangka saat berhasil mewakili fakultas untuk hadir secara offline di UTM.

Pada tahap presentasi, masing-masing peserta lomba diberikan waktu sekitar tujuh menit untuk memadukan inovasinya, ditambah dengan sesi tanya jawab oleh para juri dan audiens selama lima menit.

Selama proses perlombaan, seluruh seleksi dilakukan dengan cukup ketat melalui prrsentasi pemaparan ide-ide inovatif dalam pembelajaran. Karena untuk membuat sebuah inovasi bukanlah hal yang sederhana. Terlebih lagi, inovasi tersebut harus sesuai dengan pendekatan kompetisi, yaitu pendekatan STEAM.

“Kalau berbicara soal inovasi, waktu yang terlintas di pikiranku adalah bagaimana cara saya untuk dapat menghubungkan matematika dengan teknologi. Karena mengingat bahwa pembelajaran abad 21 saat ini lebih mengutamakan pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi,” ujar Jihan.

Jihan bersama dengan Yardan dan Ulfa adalah contoh dari banyak mahasiswa yang bisa menginspirasi kita semua. Bagi mereka, Inovasi pembelajaran yang ada dapat memberikan akses kepada semua orang akan tren terkini yang selalu berkembang di setiap bidang pembelajaran.

“Jangan pernah takut untuk berkompetisi, karena dengan ide-ide inovatif yang kita miliki tidak akan bisa berguna jika hanya terjebak dalam pikiran kita semata. Dunia pendidikan, khususnya di Indonesia membutuhkan inovasi-inovasi pembelajaran untuk dapat menggapai pendidikan yang maju seperti yang dicita-citakan,” ungkap Jihan. (red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

ARTIKEL TERBARU