Kalahkan Timnas Malaysia U-19 dengan Adu Penalty di AFF U-19, Australi Tempati Peringkat ketiga

Jakarta – Tak seindah harapan netizen malaysia, berharap mendapatkan posisi ketiga di piala AFF U-19, justru malaysia dikalahkan oleh timnas Australi U-19.
Timnas U-19 Australia menjadi tim peringkat ketiga Piala AFF U-19 2024 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 setelah mengalahkan Malaysia lewat adu penalti 5-3, menyusul hasil imbang 1-1 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin, 29 Juli 2024.

Australia lebih dulu unggul lewat Marcus Younis pada menit ke-28. Namun, kedudukan menjadi imbang pada menit ke-73 setelah terjadinya gol bunuh diri yang dilakukan Jake Najdovski saat mengantisipasi bola yang datang kepadanya ketika skema tendangan bebas tim lawan.

Kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti sebagai penentuan pemenang. Dalam tos-tosan ini, Australia menang dengan 5-3.

Jalannya Pertandingan

Malaysia mengambil insiatif bermain menyerang pada awal pertandingan. Mereka mampu menciptakan peluang, tetapi penyelesaian akhir masih belum akurat. Namun, situasi itu tak berlangsung lama.

Australia kembali menekan dan mengurung para pemain Malaysia di areanya. Mereka berusaha membuat peluang-peluang, tetapi masih kesulitan mencetak gol.

Sementara, Malaysia yang berada dalam tekanan, bermain mengandalkan serangan balik cepat. Akan tetapi, berulang kali upayanya gagal sebelum sampai area pertahanan Australia.

Gol yang dinantikan akhirnya terjadi pada menit ke-28. Marcus Younis dengan cekatan mamu memanfaatkan antisipasi yang buruk bek Malaysia saat sepak pojok yang dilakukan pemain Australia, kedudukan berubah menjadi 1-0.

Saat tertinggal satu gol, Malaysia meningkatkan serangannya. Berulang kali mereka berusaha membangun serangan, tetapi lagi-lagi masih susah menembus pertahanan Australia. Kedudukan 1-0 bertahan hingga jeda turun minum.

Di babak kedua, Malaysia memiliki peluang emas pada menit ke-60. Penyerang Pavithran Gunalan mampu menaklukkan pemain belakang Australia, tetapi bola tembakannya masih melenceng dan hanya bisa mendapatkan sepak pojok.

Upaya yang dilakukan Malaysia membuahkan hasil positif pada menit ke-73. Dari skema tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Australia, terjadi gol bunuh diri yang dilakukan Jake Najdovski saat mengantisipasi bola yang datang kepadanya. Bola yang mengenai kakinya menggelinding ke pojok gawang yang tidak bisa ditepis kiper Daniel Alexander Graskoski.

Setelah kebobolan, Australia meningkatkan serangannya. Tetapi pertahanan Malaysia juga tidak mudah ditembus. Kedudukan imbang bertahan hingga waktu normal pertandingan berakhir. Penentuan pemenang pun ditentukan dengan adu penalti.

Dalam adu penalti, semua pemain Australia yang melakukan tendangan berhasil menjebloskan bola ke gawang. Sementara, penendang ketiga Malaysia gagal setelah bisa ditepis kiper Alexander Graskoski. (red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]

ARTIKEL TERBARU