Mahasiswa KKN Unila Sosialisasikan Pembuatan Teh Rambut Jagung

Mahasiswa KKN Universitas Lampung (Unila) mengadakan kegiatan sosialisasi manfaat rambut jagung di Dusun 7, Desa Bojong, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, pada hari Jumat, 5 Juli 2024.

 

Dengan bimbingan Ibu Dr. Erna Rochana, M.Si, kegiatan ini diinisasi oleh Wana Puspita (Biologi Terapan), Fanny Winda Aini (Matematika), Farrel Fawwaz Alfatih (Teknik Sipil), Noeradham Viqry H (Teknik Geodesi), Lisa Sunia (Biologi Terapan), Dimas Apria (Teknik Mesin), Meta Berliana (Teknik Informatika).

Sosialisasi ini menargetkan para bapak dan ibu di dusun tersebut. Bertujuan untuk membuka ide usaha baru bagi masyarakat dengan memanfaatkan komoditas utama desa, yaitu jagung.

Selama ini sebagian besar masyarakat hanya memanfaatkan biji jagung saja, sedangkan bagian lain dari tanaman jagung hanya terbuang dan menjadi limbah, seperti halnya rambut jagung.

Rambut jagung memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti mengatur tekanan darah tinggi, meningkatkan pencernaan, membantu penurunan berat badan, mengatasi masalah ginjal, dan nyeri sendi.

Dalam sosialisasi ini, mahasiswa KKN menjelaskan cara pembuatan teh rambut jagung dan membagikannya secara gratis kepada audiens.

Cara pembuatan teh rambut jagung:

  1. Pilih rambut jagung yang bagus.
  2. Cuci rambut jagung dan jemur hingga kering.
  3. Blender rambut jagung kering.
  4. Masukkan bubuk rambut jagung ke dalam kantong teh.
  5. Seduh teh rambut jagung dengan air panas.

Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat. Meskipun sempat terkendala oleh kesibukan masyarakat di kebun, mahasiswa KKN berhasil mengatasinya dengan mengundang warga jauh-jauh hari.

Kelompok KKN bekerja sama dengan bidan desa, kader desa, dan kepala dusun 7 dalam melaksanakan program ini. Indikator keberhasilannya tercapai dengan antusiasme masyarakat dalam sesi tanya jawab mengenai cara pembuatan dan manfaat teh rambut jagung. (red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]

ARTIKEL TERBARU