Patch Hydrogel, Inovasi Tim PKM-RE Pined Patch Membantu Atasi Gangguan Ulkus Diabetikum pada Kak

Bandar Lampung- Ulkus Diabetikum merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan diabetes melitus (DM). Ulkus diabetikum biasanya disebabkan oleh tekanan berulang (geser dan tekanan) pada kaki dengan adanya komplikasi terkait diabetes melitus dari neuropati perifer atau penyakit arteri perifer dan penyembuhannya sering dipersulit perkembangan infeksi.

Diabetes mellitus sendiri merupakan penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah (atau gula darah), yang seiring waktu menyebabkan kerusakan serius pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, dan saraf.

Diabetes melitus menimbulkan komplikasi jangka panjang meliputi masalah mikrovaskular (kerusakan pada ginjal dan mata), serta makrovaskular (seperti infark miokard dan stroke). Selain itu, komplikasi serius pada penyakit DM juga dapat menyebabkan kondisi luka ulkus diabetikum seperti dijelaskan di atas.

Menurut International Diabetes Federation pada tahun 2021, Indonesia menempati urutan kelima di dunia dengan kasus diabetes mencapai 19,2 juta jiwa. Masalah dan keresahan tersebut menjadi motivasi bagi para mahasiswa Universitas Lampung ( Unila ) untuk menciptakan sebuah ide dan inovasi penelitian yang bermanfaat bagi kesehatan.

Para siswa tersebut dikumpulkan dalam sebuah kelompok yang dikenal dengan sebutan tim Pined Patch . Mereka merupakan mahasiswa Kedokteran (FK) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unila di bawah bimbingan Dosen apt. Ihsanti Dwi Rahayu, MSFarm.

Anisah Putri Yuana Sari selaku anggota dari tim Pined Patch juga menjelaskan terkait alasan dalam pemilihan tema dan penelitian ekstraksi limbah kulit nanas yang bermanfaat bagi kesehatan sekaligus mengatasi penyakit ulkus diabetikum.

“Kami melihat ada permasalahan mengenai kesehatan bagi penderita diabetes melitus. Kami juga melakukan penelitian mengenai adanya peluang besar untuk meminimalkan bahan limbah kulit nanas yang penuh khasiat. Jadi, kami memutuskan untuk membuat ide penelitian limbah kulit nanas yang bisa dijadikan obat,” ujar Anisah, Senin, 29 Juli 2024.

Ia juga memaparkan, dalam tahapan pembuatan produk sabun ada beberapa hal yang perlu dilakukan, mulai dari survei limbah kulit nanas, pengumpulan limbah kulit nanas, penyortiran, pembersihan dan penjemuran, uji determinasi, penghalusan simplisia kulit nanas, proses maserasi, penyaringan san evaporasi ekstrak kulit nanas, pengujian fitokimia, pengecekan gula dara, penimbangan aloksan, proses formulasi hingga pengujian pH.

Dilaporkan dari akun  instagram @pined_patch  , hasil penelitian yang ditawarkan tim PKM-RE ini menggunakan limbah kulit nanas sebagai bahan utama dalam pembuatan obat. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Lampung merupakan penghasil buah nanas terbesar di Indonesia dengan jumlah produksi mencapai 861.706 ton.

Namun sebagian besar masyarakat pada umumnya hanya mengonsumsi daging buah nanas. Sedangkan bonggol dan kulit nanas masih sering dianggap sebagai limbah. Padahal, limbah kulit nanas memiliki kandungan senyawa yang berkhasiat dan berpotensi baik bagi kesehatan.

Adapun kandungan senyawa yang terkandung dalam kulit nanas di antaranya yakni asam karbonat, karotenoid, alkaloid, terpenoid, flavonoid, tanin, bromelin, kumarin, dan saponin. Berbagai senyawa tersebut memiliki khasiat sebagai antioksidan, antikanker, antihipertensi, antiinflamasi, antidepresan, dan antidiabetes.

“Kalau untuk  patch hydrogel  dari ekstrak nanas itu masih jarang bahkan belum ada. Hal tersebut yang memotivasi kami untuk membuat inovasi dan melakukan pengujian untuk pembuatan obat ini. Bahkan kami merasa senang ketika bisa mendapatkan kesempatan untuk dibimbing dengan dosen,” ujar Anisah.

Tim  Pined Patch berharap, hasil penelitian ini dapat mendorong inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di kampus Unila. Banyak bahan-bahan alam di wilayah Lampung yang sebenarnya memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan(red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]

ARTIKEL TERBARU