Unila Panen Raya Sayuran Sambut Dies Natalis ke-59

Bandar Lampung- Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59, Universitas Lampung ( Unila ) melaksanakan panen raya hasil lomba menanam sayuran di samping kompleks shuttle bus Unila, Kamis, 12 September 2024.

Kegiatan diikuti Rektor Unila Prof.Dr.Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM., ASEAN Eng., para wakil rektor, perwakilan setiap fakultas, perwakilan setiap unit kerja, dan beberapa mahasiswa dari fakultas pertanian.

Rektor dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh fakultas dan unit kerja yang telah antusias merawat tanaman sejak ditanam pada 16 Agustus 2024.

“Saya melihat antusiasme yang sangat tinggi dari setiap fakultas dan unit kerja di Unila. Setiap pagi dan sore hari, bapak – ibu dari setiap fakultas dan unit kerja tampak rajin menyiram tanaman kesayangan masing-masing,” ungkap Prof. Lusmeilia.

Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada fakultas pertanian sebagai panitia Dies Natalis ke-59 Unila, karena telah mencetuskan lomba menanam sayuran untuk pertama kalinya.

“Kita patut memberikan penghargaan kepada fakultas pertanian sebagai panitia yang telah mencetuskan lomba menanam sayuran pada dies natalis tahun ini. Ini adalah kali pertama lomba menanam sayuran dilaksanakan,” tutupnya.

Setelah Upacara Rektor berakhir, seluruh peserta perlombaan diminta untuk langsung turun ke lahan untuk memanen sayuran. Setelah dipanen, tanah yang masih menempel di akar dibersihkan menggunakan udara, lalu diserahkan kepada panitia untuk ditimbang.

Dalam perlombaan menanam sayuran ini akan dipilih juara berdasarkan beberapa indikator penilaian. Indikatornya, kerapian dalam membuat larikan, mengukur jarak antarlarikan, keserempakan tumbuh, kepadatan tanaman, ada atau tidaknya serangan hama, kinerja tumbuh tanaman secara umum, bobot hasil panen, dan kekompakan tim.

Hasil panen sayuran cukup memuaskan. Sayur bayam, kangkung, kailan, caisim, dan

dan pokcoy, tampak hijau dan subur saat dipanen. Selain penyiraman yang dilakukan secara teratur, pupuk kompos dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Unila.

Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong seluruh sivitas akademika untuk peduli terhadap lingkungan, salah satunya memanfaatkan lahan untuk menanam sayuran. Selain itu, kegiatan yang diharapkan mampu memperkuat kerja sama tim di setiap fakultas dan unit kerja di Unila.(rilis)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

[td_block_social_counter style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]

ARTIKEL TERBARU